TIM DOSEN PRODI SARJANA MP BERKONTRIBUSI DIMASA PANDEMI

Jumat (2/9) Tim Dosen Prodi Sarjana Manajemen Pendidikan melalui Research Group Kepemimpinan berhasil menyusun Buku Panduan Kepemimpinan Kepala Sekolah di Masa Krisis. Tim tersebut digawangi oleh Ibu Dwi Esti Andriani, M.Pd., M.Ed.St., Ed.D dan beranggotakan Bapak Dr. Suyud, M.Pd., Bapak Dr. Slamet Lestari, M.Pd., Ibu Pandit Isbianti, M.Pd., dan Bapak Baiquni Rahmat, M.Pd.

Buku Panduan tersebut hadir sebagai bentuk keprihatinan tim terhadap situasi yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19 sehingga menyebabkan kepala sekolah mengalami kebingungan dalam menentukan praktik kepemimpinan yang harus dilakukan. Sebagaimana diketahui, Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia sejak awal 2020. Hal tersebut menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak pernah diduga sebelumnya seperti penutupan sekolah, dan dilakukannya pembelajaran dari rumah secara daring atau online. Kapan pandemi akan berakhir, apa yang akan terjadi di esok hari, apa yang akan terjadi di kemudian hari, tidak pernah bisa diprediksi sehingga masa tersebut digambarkan sebagai masa yang penuh dengan ketidakpastian.

Berangkat dari situasi tersebut, tim melakukan riset kepemimpinan kepala sekolah pada masa pandemi Covid-19 dengan melibatkan sejumlah kepala sekolah serta pengawas. Hasil dari riset tersebut selanjutnya dikembangkan menjadi Buku Panduan Kepemimpinan Kepala Sekolah di Masa Krisis. Buku panduan tersebut telah didiseminasikan kepada Kepala SD di daerah Kecamatan Depok Sleman dan daerah Kabupaten Gunungkidul melalui kegiatan Dosen Berkegiatan di Luar Kampus dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis riset, serta telah memperoleh sertifikat HAKI dengan nomor pencatatan 000393694. (Pan)