Optimalisasi Administrasi Sekolah Dasar Muhammadiyah di Bantul melalui Pelatihan Aplikasi Produktivitas dan AI

Bantul, 13 Juni 2024 – Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan aplikasi produktivitas dan artificial intelligence (AI) untuk pengelolaan administratif di sekolah dasar Muhammadiyah se-Kabupaten Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 di SD Muhammadiyah Tamantirto, Kasihan, Bantul dan berlangsung dengan kegiatan pendampingan hingga 20 Juni 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengelolaan administratif di sekolah dasar melalui pemanfaatan aplikasi produktivitas dan teknologi AI. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY bertindak sebagai penyelenggara seminar, pelatihan, dan pendampingan yang mengelola keseluruhan kegiatan ini.

Pada sesi pertama, Dr. Cepi Safruddin Abd Jabar, M.Pd menyampaikan materi mengenai "Ketatausahaan vs Artificial Intelligence." Beliau menjelaskan bagaimana teknologi AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan ketatausahaan di sekolah. Narasumber kedua, Widia Murni Wijaya, S.S.T., B.Tech., M.Pd, memberikan materi tentang "Peran dan Tantangan AI dalam Pendidikan." Selain itu, beliau juga memberikan pelatihan praktis kepada para peserta mengenai cara memanfaatkan aplikasi produktivitas dan AI dalam konteks pendidikan.

Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan staf administratif dari berbagai sekolah dasar Muhammadiyah di Kabupaten Bantul. Mereka sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi pelatihan dan pendampingan yang diberikan. Para peserta berharap bahwa dengan adanya pelatihan ini, mereka dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh untuk meningkatkan kinerja administratif di sekolah masing-masing.

Dengan berakhirnya kegiatan ini pada tanggal 20 Juni 2024, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan teknologi AI dan aplikasi produktivitas dengan lebih efektif, sehingga pengelolaan administratif di sekolah-sekolah dasar Muhammadiyah di Kabupaten Bantul dapat menjadi lebih efisien dan modern.