You are here
PENGUATAN KEMAMPUAN MEMANFAATKAN HASIL RISET BAGI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
Primary tabs
Depatemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru di SMPN 5 Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pengajaran serta penciptaan lingkungan belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari tanggal 11 Juni 2024, di SMPN 5 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Wardani 1 Yogyakarta, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta Prov. D.I. Yogyakarta.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan bagi guru untuk memanfaatkan hasil riset untuk mengembangan materi pembelaran dan model-model pembelajaran di kelas. Tim dosen Manajemen Pendidikan sebagai penyelenggara mendesain kegiatan ini dalam sebuah pelatihan dan pendampingan sehingga para guru mampu mengoptimalkan potensi diri untuk memanfaatkan berbagai aktifitas penelitian sederhana yang telah dilakukan.
Narasumber pertama kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah Dr. Endang Sri Budi Herawati, S.E., M. Pd dengan materi “Memanfaatkan hasil penelitian menjadi lembar kerja” dan “Adopsi hasil penelitian menjadi sebuah metode Pembelajaran sesuai kebutuhan siswa”. Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Dr. Priadi Surya, S.Pd, M.Pd., M.Phil. tentang “Penulisan artikel ilmiah berdasarkan hasil riset/PTK guru”
Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Wali kelas dan seluruh guru bidang studi sebanyak 40 orang. Seluruh peserta terlibat aktif dan antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini dimungkinkan mengingat SMPN 5 Yogyakarta merupakan salah satu Sekolah yang memiliki reputasi bidang penelitian. Beberapa guru di sekolah ini juga telah produktif menulis buku ajar. Oleh karenanya, peserta kegiatan semakin termotivasi untuk memanfaatkan hasil observasi kelas dan PTK yang pernah disusun untuk dimanfaatkan dalam mendesain pembelajaran. Peserta juga lebih termotivasi untuk melakukan riset kolaborasi baik dengan rekan sejawat maupun institusi/komunitas belajar lainnya, sehingga pengembangan materi ajar akan semakin baik.
Melalui kegiatan ini, diharapkan guru memperoleh penguatan untuk mampu mendesain pembelajaran yang bervariasi, menyenangkan, sesuai kebutuhan siswa. Metode pembelajaran yang tepat dapat secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran Dengan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran, guru dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan memotivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik.
Alamat: Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Telp: 586168 pswt 342
Telp/Fax: (0274)550842
Email: apfip@uny.ac.id
Ig: @apfippuny | @s1manajemenpendidikanuny
Copyright © 2024,