TIM DOSEN PRODI S1 MP MENGISI WORKSHOP SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP IT ABU BAKAR

Sabtu (15/10) Tim dosen Prodi S1 MP yang terdiri atas Ibu Dr. Wiwik Wijayanti, M.Pd. dan Bapak Dr. Heri Supriyana, M.Pd. memberikan materi tentang supervisi pembelajaran kepada Kepala Sekolah SMP dan SMA di bawah naungan konsorsium Yayasan Mulia. Workshop tersebut dimaksudkan untuk memperkuat kompetensi kepala sekolah dalam melakukan supervisi pembelajaran kepada guru untuk mendukung kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Kegiatan workshop tersebut dibuka oleh Ketua Konsorsium Yayasan Mulia Wilayah Yogyakarta Drs. Ahmad Burhani, M.Si. Melalui sambutannya Bapak Ahmad Burhani menekankan pentingnya kompetensi supervisi bagi kepala sekolah. Dengan kompetensi supervisi, kepala sekolah dapat membantu meningkatkan kemampuan mengajar guru. Guru yang memiliki kemampuan mengajar yang baik akan dapat mengoptimalkan perkembangan potensi dan kemampuan siswa dalam hal kognitif, afektif maupun psikomotorik serta mampu membentuk siswa menjadi pribadi yang menginternalisasi serta menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Bertempat di Ruang Multipurpose Masjid Abu Bakar, workshop diikuti oleh kurang lebih dua puluh lima peserta dan berlangsung secara intens namun interaktif. Hal tersebut dirasakan sejak sesi pertama (penyegaran dan penguatan) sampai dengan sesi kedua yang sarat dengan praktik. Pada sesi tersebut, peserta dibagi secara berkelompok sesuai dengan jenjang sekolahnya. Dengan dibagi secara berkelompok, peserta dapat menuangkan gagasan, bertukar pikiran, serta berkolaborasi secara kontekstual untuk menyusun rencana supervisi.

Setelah berlangsung selama empat jam, kegiatan workshop berakhir dan ditutup oleh Binwas BPH Konsorsium Yayasan Mulia Ibu Ulfi Fatkhiyah Mahmud, S.Ag. Sesaat sebelum menutup kegiatan Beliau menyampaikan agar kepala sekolah tidak melupakan materi yang telah dipelajari selama workshop dan menerapkannya secara kontinyu di sekolah masing-masing. Selanjutnya, workshop ditutup dengan doa bersama. (Pan).