TIM DOSEN MP MENGISI PELATIHAN PENGUATAN LITERASI INFORMASI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MAGELANG

Rabu (16/11) 2022, Jurusan AP mengirimkan tiga orang dosen untuk memberikan penguatan literasi informasi di Sekolah Dasar yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Tiga dosen tersebut terdiri atas Rahmat Fadhli, M.A., Pandit Isbianti, M.Pd., dan Widia Murni Wijaya, M.Pd. Penguatan literasi tersebut dikemas ke dalam forum ilmiah berupa workshop Penguatan Literasi Informasi, yang ditujukan secara khusus bagi pengelola perpustakaan Sekolah Dasar (SD) di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut diharapkan mampu membangkitkan upaya kreatif pengelola perpustakaan agar mampu mengembalikan fungsi perpustakaan sebagai pusat belajar yang menarik bagi siswa maupun guru.

Workshop penguatan literasi dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang Asisten Pemerintahan dan Kesra Nanda Cahyadi Pribadi, M.Si. Pada pembukaan tersebut Beliau menyampaikan pentingnya perpustakaan sehingga perlu dirawat dan difungsikan sebagaimana mestinya. Untuk itu, diperlukan kegiatan yang mampu meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan agar revitalisasi perpustakaan dapat terwujud dan menjadi pusat belajar yang menyenangkan di sekolah.

Diikuti tidak kurang dari 90 orang pengelola perpustakaan sekolah, kegiatan workshop berlangsung lancar dan penuh antusisme dari para peserta. Pada workshop tersebut peserta dibagi ke dalam tiga kelompok sehingga interaksi antara dosen sebagai fasilitator dengan peserta di dalam kelas cukup intens. Terlebih, workshop tersebut juga menjadi ajang untuk berbagi praktik baik yang pernah dilakukan oleh para peserta. Lebih dari itu, workshop tersebut juga menjadi ajang silaturahmi dan saling membangun semangat antar kolega setelah sekian lama jarang berjumpa karena pandemic Covid-19 yang menuntut pembatasan interaksi yang bersifat fisik. Selama workshop berlangsung, beberapa peserta mengungkapkan keinginan adanya workshop lanjutan yang mengarah pada penyiapan akreditasi perpustakaan sekolah. Setelah berlangsung selama kurang lebih enam jam, workshop ditutup dengan doa Bersama di masing-masing kelas. (Pan)