PELATIHAN DAN RISET DOSEN MP DI SD PESISIR KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Pada Selasa (18/07/23), Program Studi Manajemen Pendidikan kembali melaksanakan program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) melalui program Pelatihan dan Riset Dosen MP FIPP UNY. Kegiatan PPM kali ini dilaksanakan di salah satu sekolah yang berlokasi di daerah pesisir Kabupaten Gunung Kidul, yaitu SD Negeri Kemadang. Tema PPM kali ini adalah "Pelatihan Coaching Untuk Kepala Sekolah dan Riset Tantangan Kepemimpinan Pembelajaran Bagi Kepala Sekolah Penggerak di Daerah Pesisir Kabupaten Gunung Kidul".

Pada kegiatan tersebut, guru-guru juga diajak untuk berdiskusi bersama mengenai nilai-nilai kepemimpinan di sekolah dan konteks dari kepemimpinan. Guru juga diminta untuk menganalisis mengenai bagaimana model kepemimpinan yang baik untuk diterapkan di sekolah. Salah satu materi yang diberikan pada sesi coaching dan kepemimpinan kepala sekolah adalah peran dan fungsi profesional kepala sekolah sebagai pengarah, pembimbing, pembina, pengembang, penggerak dan pemberdaya.

Kegiatan PPM ini juga dibersamai oleh jajaran dosen MP FIPP UNY yang berpengalaman di bidangnya diantaranya yaitu:
1. Dwi Esti Andriani, Ed.D.
2. Dr. Slamet Lestari, M.Pd.
3. Dr. Heri Supriyana, M.Pd.
4. Pandit Isbianti, M.Pd.
Aktivitas ini juga melibatkan beberapa mahasiswa S1 Prodi Manajemen Pendidikan agar nantinya dapat mengetahui mengenai bagaimana pengelolaan kepemimpinan yang baik dan benar pada suatu sekolah.