MENDUKUNG GURU MAHIR MENELITI, TIM DOSEN PRODI SARJANA MANAJEMEN PENDIDIKAN UNY MELATIH PTK

Sabtu (11/02/23) Tim Dosen Prodi Sarjana MP yang terdiri atas Bapak Dr. Setya Raharja, M.Pd. beserta Bapak Dr. Heri Supriyana, M.Pd. memenuhi permintaan Konsorsium Yayasan Mulia untuk melatih Penelitian Tindakan Kelas kepada guru-guru di bawah Konsorsium Yayasan Mulia. Dalam hal ini, Bapak Dr. Setya Raharja, M.Pd bertindak sebagai narasumber dan Bapak Dr. Heri Supriyana, M.Pd sebagai fasilitator. Kegiatan tersebut diikuti oleh guru-guru di bawah naungan Konsorsium Yayasan Mulia sebanyak kurang lebih 25 orang guru mulai dari jenjang TK, SD, SMP, sampai dengan SMA.

Kegiatan pelatihan dibuka dengan sambutan oleh Ketua Konsorsium Yayasan Mulia Wilayah Yogyakarta Bapak Drs. Ahmad Burhani, M.Si. Dalam pidato pembukaannya, Ahmad Burhani menyampaikan perlunya penguasaan PTK bagi guru, dimana PTK menjadi salah satu sarana agar guru dapat memecahkan permasalahan yang terjadi di kelasnya. Sambutan tersebut disambung dengan pemberian penguatan oleh Ibu Ulfi Fatkhiyah Mahmud, S.Ag , Binwas BPH Konsorsium Yayasan Mulia. Ulfi menambahkan bahwa kemahiran guru dalam Menyusun PTK akan mendorong guru untuk meningkatkan kualitas mengajarnya sekaligus berlatih menulis ilmiah. Oleh karenanya, Ulfi menghimbau kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan secara intens.

Pelatihan ini berlangsung di Ruang Multipurpose Masjid Abu Bakar selama empat jam. Dalam kurun waktu tersebut, peserta diajak untuk memahami konsep dasar dan karakteristik PTK serta dilatih untuk merancang proposal PTK. Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias untuk mengkonsultasikan judul yang sudah disusun kepada narasumber dan fasilitator. Judul-judul yang sudah disusun oleh peserta diklat selanjutnya ditindak lanjuti dengan penyusunan proposal, dan dimatangkan melalui kegiatan pendampingan. Pendampingan tersebut saat ini masih terus berlangsung, karena proposal PTK para peserta akan dilombakan dalam ajang lomba PTK yang diadakan secara internal oleh Konsorsium Yayasan Mulia. (Pan)