KUNJUNGAN PRODI MP FIPP UNY PADA KEGIATAN MUKERNAS XI DAN SEMINAR NASIONAL APMAPI

Pada 11 -1 4 Oktober lalu, sejumlah perwakilan dosen dari program studi Manajemen Pendidikan FIPP UNY menghadiri kegiatan "Mukernas XI dan Seminar Nasional APMAPI (Asosiasi Program Studi Manajemen/ Administrasi Pendidikan Indonesia)" yang diselenggarakan di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Beberapa dosen yang terlibat pada kegiatan ini antara lain yaitu Dwi Esti Andriani, M.Pd., M.Ed.St., Ed.D. (Perwakillan S1 MP UNY), Dr. Slamet Lestari, M.Pd. (Perwakilan S2 MP UNY) dan Prof. Dr. Sugiyono, M.Pd. (Perwakilan S3 MP UNY). Sejumlah dosen dari berbagai universitas di Indonesia juga ikut terlibat pada kegiatan tersebut sebagai wakil anggota APMAPI dari instansi masing-masing.

Adapun hasil pembahasan rapat tersebut adalah menganai profil lulusan MP sebagai seorang tenaga administrasi pendidikan dengan pembagian beberapa CPL yang meliputi CPL utama (yaitu Tenaga Administrasi Sekolah/ TAS), CPL tambahan/ penunjang (misalnya TIK dan bahasa asing), dan CPL pilihan/ tambahan (misalnya wirausaha, manajemen perpustakaan sekolah, pendidik). Selain itu, lingkup TAS harus mencakup 8 bidang garapan manajemen pendidikan dan ditambah dengan satu bidang garapan SIM/ TIK (Sistem Informasi Manajemen/ Teknologi Informasi dan Komunikasi). CPL tersebut akan dirumuskan dengan melibatkan ATAS (Asosiasi Tenaga Administrasi Sekolah) dengan mempertimbangkan regulasi pemerintah KKNI level 6 dan standar kompetensi TAS serta knowledge base disiplin Administrasi Pendidikan.

Sementara itu, pada pembahasan jenjang S2 Manajemen/ Administrasi Pendidikan diperoleh nota kesepakatan kelompok kerja untuk merespon Permenristek Nomo 53/Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi; Perkembangan Era Industry 4.0 dan Society 5.0 serta Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang isinya antara lain:
1. Mengadakan perubahan usulan strategi implementasi
2. Perubahan Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran
3. Penyesuaian beban belajar program magister/ magister terapan
4. Penentuan jenis tugas akhir yang berupa tesis, prototipe, proyek, atau tugas lain sejenis

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar dengan dipimpin oleh ketua APMAPI yaitu Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. (Univ. Malang) dan sekjen APMAP yaitu Prof. Dr. H. Suryadi (Univ. Negeri Jakarta). Adanya forum ini diharapkan dapat terus mengingkatkan mutu dan kualitas pendidikan pada prodi manajemen/ administrasi pendidikan di universitas di seluruh Indonesia.